Kamis, 19 Februari 2015

Persiapan Kerja Praktik di VICO Indonesia

Hiya readers! Aaah udah lama ngga nengok di mariiiiih
Udah lebih 3 bulan setelah saya kerja praktik di VICO Indonesia Oktober kemarin. Saya mau cerita dikit nih seputar Kerja Praktik, khususnya kerja praktik saya. /agak lamban, maafkan.

HUAHAHAHA. krik.

Jadi pertama kalo mau KP, pastinya harus bikin proposal lah ya. Alamatkan ke Human Resources perusahaan tujuan kamu. Dulu saya sih bikinnya sekitar bulan April 2014, dan KPnya Oktober 2014. Lama? enggak. Tergantung perusahaan yang kamu apply, yang saya tau biasanya perusahaan oil & gas mengharuskan kamu kirim proposal setahun sebelum jadwal kamu Kerja Praktik. Ini wajar. Karena emang yang ngajuin proposal KP bukan cuma kamu. Perusahaan musti nyeleksi sekian buanyak proposal dan ngatur s e g a l a n y a (efek dramatis) selama kamu KP di tempat mereka. Saya termasuk beruntung karena langsung approve dan tidak harus apply di beberapa tempat. Makanya, buat kamu yang mau KP, pastiin perusahaan yang kamu incer dari setahun sebelum kamu KP. Lengkapin persyaratannya dan usahain bisa menjalin koneksi yang baik sama perusahaan, kan ntar bisa tanya-tanya.... Yaaah, kalo dulu sih saya ngga ribet, karena Alhamdulillah LNG Academy cares banget soal urusan KP, jangan iri ya, hoho.

Hal-hal pentingnyasih  udah ada di atas, kalo soal proposal......... ya basic lah, ada background, overview, objective. Trus ada realisasinya gimana, action plan, timeline, dan pastinya data diri. Di proposal ini kamu bisa tentuin langsung topik yang kamu mau bahas. Misalnya kamu jurusan Teknik Mesin dan mau bahas mengenai Gas Engine, karena di tempat tujuan KP kamu ada gas engine-nya. Atau karena kamu mau ambil topik gas engine buat bahan Tugas Akhir atau skripsi, kan bisa sekalian. Kalo di proposal saya sih ngga sampai spesifik gitu, karena biasanya topik KP itu berdasarkan masalah aktual di lapangan. Jadi ya bisa troubleshooting, failure analysis, evaluasi performa, dll. Konsultasi aja sama dosen pembimbing di kampus. Oh iya, fyi, proposal saya bahasa inggris. Tapi ngga mesti bahasa inggris kok. Beneran. Kalo mau bikin 2 juga boleh, asal penggunaannya tepat aja, TRING!.

Abis ngirim proposal, inget ya, harus di follow up! jangan mau di-gantungin, di ambangin, diphpin atau apalah itu. Kejar proposal kamu, tanyain persisnya kapan kamu bakal mulai KP. Kalo udah tau, langsung aja omongin tentang hak dan kewajiban kamu selama KP. Ini penting loh, ngga usah malu-malu, tanyain aja. Ada akomodasi ngga? transportasi? makan? uang saku? atau malahan mau nanya tentang laundry ataupun ATM terdekat ada di mana atau pemukiman terdekat kira-kira berapa jam? *ehm beberapa lapangan oil & gas kan biasanya agak di dalem gitu tempatnya*. Asal tau aja, saya beneran nanyain lho ada ATM apa enggak ._. Prinsipnya, tanya dengan kewajaran elegan HAIYAH! Tapi jangan lupa tanyain hari kerja, jam kerja, perlengkapan wajib yang musti dibawa (ini biasanya dikasih tau), bahkan tanya aja keadaan alam di tempat KP, sapa tau kan tempat KP kamu dingin, jadi musti bawa jaket, atau malah panas, jadi mendingan bawa topi, tabir surya, bla bla bla.

Persiapan udah lengkap? Oke, saatnya kamu konfirmasi kehadiran. Kalo di VICO, waktu sampai lokasi langsung izin dulu ke security terus lanjut ke bagian Human Resources. Di situ tempat ngasih berkas-berkas yang wajib kamu bawa. Ini juga untuk pembuatan badge akses ke lapangan. Di sini, kamu langsung dapet induction dari HR. Induction ini mengenai jadwal kerja, keselamatan, dan pesan-pesan lain yang harus kamu perhatiin banget selama KP di VICO. Terus, langsung deh dipinjemin coverall buat seragam selama KP dan di anter ke camp sekalian dijelasin singkat tentang tempat makan, laundry, dll. Di VICO, hari itu juga badge saya dan teman-teman jadi. Abis dijelasin singkat sama resepsionis camp, kami langsung ke kamar buat siap-siap balik ke HR, ambil badge, dan diarahkan ke pembimbing lapangan. Sebelumnya sih jalan-jalan dulu di area workshopnya. Kalo saya kan di Mechanical Maintenance Badak Field Northern Area VICO Indonesia, jadi ya ke Maintenance Deparment dulu buat izin sama superintendent Maintenancenya. Kalau kamu? yaa saya ngga tau hihi /apasih.

Kira-kira gitu deh persiapan kamu buat KP. Oh iya! kalo yang mau KP di VICO ataupun di perusahaan oil & gas lain, bawa bajunya ngga usah banyak-banyak. Udah ada jasa l a u n d r y. Lagian baju buat ke lapangan juga cuma coverall, tok.

Okedeh, selamat KP!



23 komentar:

  1. tips nya dong kaka, bertanya dengan elegan itu kaya gma? makasih kaka :)

    BalasHapus
  2. assalammualaikum saya angger dari teknik mesin, mau sharing soal kp di vico. kemarin waktu kp topik nya apa kak garnis? kebetulan saya sudah ada topik tentang turbin ternyata sewaktu sudah ketemu pembimbing disini berubah topik permasalahan, yaitu mechanical seal untuk pompa. apa ada saran atau referensi. mohon bantuannya terimakasih. Angger
    anggerliyundiraputra@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikumussalam, dulu tentang hall effect gas engine C-7000D. Selengkapnya cek email ya

      Hapus
  3. assalamualaikum ka,saya mau nanya peryaratan untuk tugas akhir di vico apa aja ya selain proposal trus ada tes juga ga ka,mohon info nya ka

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikumussalam, waaah kalau untuk tugas akhir saya kurang tau, maaf ya, tapi biasanya sih pakai proposal juga

      Hapus
  4. assalamualaikum mbak..
    mau tanya, kalau semisal mahasiswa PKL dari luar kalimantan apakah ada akomodasi transport ndak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikumussalam, dari luar kalimantan setau saya hanya dapat transportasi dari balikpapan menuju site :)

      Hapus
  5. Assalamualaikum mbak Garnis nurfadila, saya mau menanyakan pada saat kirim proposal itu dikirim ke Alamatkan ke Human Resources perusahaan VICO dan lewat email juga ngak ? kalau email juga dikirim ke email siapa mbak ? mohon pencerahnnya, email saya : mahfudzsaidi@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumussalam, iya, proposal dikirim ke HR VICO. Selengkapnya via email yaa

      Hapus
    2. kak saya mau tau info seputar pengajuan kerja praktik di vico juga yaa. email saya di erma.maulina@yahoo.co.id. terima kasih banyak kak

      Hapus
  6. Assalamu'alaykum kak garnis
    kak, mau tanya alur pengajuan KP disana, sekalian boleh minta kontak HRnya vico ga kak?
    email saya : haidarmuttaqin@gmail.com

    BalasHapus
  7. selamat malam mbak garnis, saya mau nanya kalo kirim proposal itu k alamat head office yang dijakarta ya mbak ? ad kontak orang HR yang bisa dihubungin nggak mbak ? tolong dijawab via email ya mbak, harrisjunianto@gmail.com

    BalasHapus
  8. Permisi kak, saya mau tanya mengenai prosedur pengiriman proposal kerja praktek di Vico Indonesia sekalian saya mau minta kontak dari HR Vico. minta tolong dijawab via email edoindra95@gmail.com terima kasih kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaaaaf sekali ya semuanya,saya ngga bales bales karena lama ngga buka blog lagi dan juga saya udah ngga punya kontak HRD VICO. Sekali lagi maaf sekali ya
      Untuk proposal bisa langsung dikirim ke kantor VICO, alamat bisa dilihat di web VICO Indonesia

      Hapus
  9. assalamualikum kak... saya minta kontak HR nya dong.tolong dijawab via email ya kak. bigurijunnata@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaaaaf sekali ya semuanya,saya ngga bales bales karena lama ngga buka blog lagi dan juga saya udah ngga punya kontak HRD VICO. Sekali lagi maaf sekali ya

      Hapus
  10. Salam kenal kak. Mau minta dikirim ke syifadewise@gmail.cim

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaaaaf sekali ya semuanya,saya ngga bales bales karena lama ngga buka blog lagi dan juga saya udah ngga punya kontak HRD VICO. Sekali lagi maaf sekali ya

      Hapus
  11. Asslm wr wb Mba Garnis... Boleh Minta rute yang harus dilalui ngga dari balikpapan ke tempat KPnya di Vico Indonesia... ? soalnya aku juga kedapatan KP di vico indonesia mba hehehe... Tolong di jawab mba ke babashafwandi@gmail.com ya mba... suwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaaaaf sekali ya semuanya,saya ngga bales bales karena lama ngga buka blog lagi dan juga saya udah ngga punya kontak HRD VICO. Sekali lagi maaf sekali ya
      untuk transport dari balikpapan ke plant site setau saya disediakan oleh VICO, silakan hubungi pihak VICOnya ya

      Hapus
  12. Ass. Saya boleh minta contact HRD nya beserta prosedur utk meng apply ke VICO? Dikirim ke email haurahafizhah96@gmail.com ajaaa hehehe makasih ya bantuannya :)

    BalasHapus
  13. Ass. Saya boleh minta contact HRD nya beserta prosedur utk meng apply ke VICO? Dikirim ke email haurahafizhah96@gmail.com ajaaa hehehe makasih ya bantuannya :)

    BalasHapus
  14. Maaaaaf sekali ya semuanya,saya ngga bales bales karena lama ngga buka blog lagi dan juga saya udah ngga punya kontak HRD VICO. Sekali lagi maaf sekali ya

    BalasHapus

Terimakasih sudah membaca sampai akhir, berikan komentar dan saya akan lebih senang :)