Rabu, 28 November 2012

Kita Menwa?

Haai Blops! <-- karena manggil "Blogger" udah terlalu mainstream

Jadi tadi sore temen gue sekaligus gue, dateng ke rumah temen SMA gue untuk ketemu sama ibunya temen SMA gue itu #gaya video Marshanda. Maksudnya sih mau liat-liat dan nanya-nanya baju nari. Baju nari? Buat apaan? Ya buat nari lah, masa buat joged *eh nggak jauh beda ya*. Niatnya mau pilih-pilih baju trus nanya harganya, kalo mahal cabut, kalo murah berebut #apasih. Tapi ternyata cerita berlanjut sampai si Tante (Ibunya temen SMA gue) nyeritain temen SMA gue itu #gaya video Marshanda lagi, yang sekarang udah kuliah. Ceritanya temen SMA gue itu jadi bagian dari Komando Tingkat di Kampusnya, trus ikut drum band, trus ikut pecinta alam, trus ikut menwa. M E N W A.

Kenapa menwa? gue juga nggak tau. Yang jelas gue pernah pengen banget ikut organisasi ini kalo pas udah kuliah. Pertama tau sih waktu SMP. Nggak tau kenapa kayaknya hebat aja gitu. Sebenernya hebat nggak sih? Nggak tau, kan gue belom pernah ikut. Di tempat gue kuliah sekarang, nggak ada yang namanya menwa. Walaupun setiap Sabtu ada pelatihan wawasan kebangsaan (baca:diinjek tentara) oleh Kodim (Komando Distrik Militer) Bontang. Tapi itu kan bukan menwa.

Menwa ini sebenernya kekuatan sipil (dalam hal ini Mahasiswa) untuk mempertahankan negeri sebagai perwujudan Sishankamrata (comot wikipedia). Lambang warna baret buat menwa ini kan Ungu, yang artinya:



  • Mulia
  • Berpengetahuan
  • Terpelajar
Sebenernya semua Mahasiswa harusnya begitu kan ya? nggak harus menwa. Trus ini dia janji menwa:
Panca Dharma Satya adalah janji Resimen Mahasiswa Indonesia : 

  1. Kami adalah mahasiswa warga Negara, Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila.
  2. Kami adalah mahasiswa yang sadar akan tanggung jawab serta kehormatan akan pembelaan negara dan tidak mengenal menyerah.
  3. Kami Putra Indonesia yang berjiwa ksatria dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta membela kejujuran, kebenaran, dan keadilan.
  4. Kami adalah mahasiswa yang menjunjung tinggi nama dan kehormatan Garba Ilmiah dan sadar akan hari depan Bangsa dan Negara.
  5. Kami adalah mahasiswa yang memegang teguh disiplin lahir dan batin, percaya pada diri sendiri dan mengutamakan kepentingan Nasional di atas kepentingan pribadi maupun golongan.
Sebenernya isi janji itu harusnya berlaku buat semua kan ya? bukan cuma menwa. Tapi ini berarti juga kalau kita ini (kita?) juga termasuk anggota menwa walaupun nggak tercatat? Bener nggak ya? Udah, benerin aja, nurut aja apa kata Juragan. Sebenernya sih bukan masalah menwanya atau bukan, tapi sebenernya lagi, tugas semua mahasiswa sama kan? Yang tertulis di janji itu bukannya udah dipelajarin di mata kuliah Pancasila di semester 1  perkuliahan? Iya kan? #Baru belajar kemaren soalnyah :3# 
Jadi sebenernya menwa itu merupakan sesuatu yang pernah gue mau, tapi sebenernya gue udah ngejalanin #apasih. Sekian.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah membaca sampai akhir, berikan komentar dan saya akan lebih senang :)